image1 image2 image3

HELLO I'M JOHN DOE|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M PROFESSIONAL WEB DEVELOPER

Pengertian Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia

ivan-blog.com,- Salam Entrepreneur! Sebelum memulai untuk memahami arti dari Manajemen Sumber Daya Manusia alangkah baiknya kita sedikit mengulang arti dari Manajemen terlebih dahulu. Arti Manajemen Memang cukup luas tergantung dari sisi mana kita mengartikannya. Nah, karena kita sekarang sedang mempelajari Manajemen Sumber Daya Manusia kita pilih saja arti manajemen yang berhubungan dengan materi bahasan kita sekarang. Definisi yang di kemukakan oleh Mary Parker Follet menyebutkan bahwa manajemen ialah "seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain". Definisi ini, mengandung arti bahwa para manajer dalam mencapai dan menyelesaikan berbagai tujuan serta pekerjaan-pekerjaannya dengan tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri tetapi menggunakan orang lain dan manajer hanya menjalankan fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing, Actuating dan Controlling. Dari definisi tersebut memberikan kepada kita kenyataan bahwa kita terutama mengelola sumber daya manusia bukan material atau finansial. "We Are Managing Human Resources". 

Definisi Manajemen personalia, atau sekarang disebut manajemen sumber daya manusia, yang telah diterima secara Universal. Masing-masing penulis buku teks tentang bidang tersebut membuat definisi yang berbeda satu sama lain. Menurut Flippo Manajemen Personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat. Definisi ini menggabungkan fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi operatif di bidang personalia.
Sedangkan French, mendefinisikan manajemen sebagai penarikan seleksi, pengembangan, penggunaan, dan pemeliharaan sumber daya manusia oleh organisasi.
Berdasarkan dua definisi tersebut kita akan gunakan definisi berikut: Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi.

Manajemen personalia/SDM diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah untuk memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif . Untuk mencapai tujuan ini studi manajemen personalia akan menunjukan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi dan memelihara karyawan dalam jumlah (Kuantitas) dan tipe (kualitas) yang tepat.

Sumber Referensi : T.Handi Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (Edisi-2), BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta, halaman 3, 4, 5.